[HOAKS] Kaesang Pangarep Hadiri Kampanye Anies Baswedan

Tim Cek Fakta Kompas.com menelusuri gambar di thumbnail video yang memperlihatkan sejumlah orang sedang menghadiri sebuah acara. Hasilnya, gambar tersebut identik dengan yang ada di laman Tribunnews ini.
Dalam keterangannya, gambar tersebut adalah momen ketika Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem menggelar rapat pleno penentuan pengusungan nama capres hasil Rakernas pada 16 Juni 2022.
Adapun gambar diambil sebelum Nasdem memutuskan mengusung Anies sebagai capres. 
Sementara, setelah disimak sampai tuntas tidak ditemukan informasi Kaesang menghadiri kampanye Anies.
Narator hanya membacakan artikel di laman Fajar.co.id ini berjudul “PKS, PKB, dan NasDem Segera Deklarasi Bersama, Usung Pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar”.
Artikel tersebut memuat pernyataan Sekjen DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Aboe Bakar Al-Habsyi soal deklarasi dukungan kepada Anies Baswedan di Pemilihan presiden (Pilpres) 2024. 
Sementara itu beberapa klip dalam video tidak terkait dengan narasi Kaesang menghadiri acara kampanye Anies. Salah satu klip yang menampilkan Anies sedang berpidato identik dengan yang ada di kanal YouTube Metro TV ini. 
Video itu adalah momen ketika Anies berpidato dalam acara peluncuran “Program NasDem Memanggil” di Ballroom NasDem Tower, Jakarta Pusat, Senin 17 Oktober 2022.
Dalam pidatonya Anies menyampaikan bebarapa hal, salah satunya yakni mengajakan masyarakat untuk masuk dalam dunia politik. 
Adapun sampai saat ini tidak ditemukan informasi valid Kaesang menghadiri acara kampanye Anies.
PSI sendiri merupakan bagian dari Koalisi Indonesia Maju yang mengusung Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *