Hoaks Pertolongan Serangan Stroke dengan Menekan Bawah Hidung

tirto.id – Sebuah unggahan di media sosial, soal pertolongan pertama orang yang mengalami serangan stroke, mendapat perhatian masyarakat di media sosial.

Tirto menemukan sebuah video pendek berdurasi sekitar satu menit yang diunggah di Facebook.

Dalam video tersebut, terlihat seorang pria yang kehilangan kesadaran dalam posisi duduk di sebuah kereta. Seorang perempuan kemudian menahan posisi pria tersebut agar tidak terjatuh dan memanggil bantuan. Tidak lama kemudian, perempuan tersebut mengambil tindakan, dengan menekan bagian bawah hidung pria tersebut. Tidak lama kemudian, pria tersebut terlihat sadar kembali.

“Pertolongan pertama ketika d serang stroke. Tekan bagian tengah2 d antar bibir dan hidung. Smpe tersadar,” begitu bunyi keterangan dalam video.

Video tersebut diunggah akun “Sri Nurmalasari” pada 27 Juli 2024, lewat reels di Facebook. (arsip).

Sampai dengan Selasa (6/8/2024), video tersebut sudah mengumpulkan penonton sampai 3,8 juta. Selain itu terdapat lebih dari 30 ribu tanda suka dan 900 komentar. Selain itu, video ini juga telah dibagikan ulang lebih dari 12 ribu kali.

Tirto menemukan unggahan serupa di platform lain seperti X (dulu Twitter) dari unggahan akun @bukanhoaxxx (arsip) dan di YouTube dari kanal “ANAK INDONESIA 01”. Unggahan-unggahan tersebut juga bernarasikan pertolongan pertama terhadap stroke dan menggunakan potongan video yang sama.

Lalu bagaimana kebenarannya? Apakah benar menekan bagian antara bibir dan hidung dapat menjadi pertolongan pertama terhadap serangan stroke?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *