Tidak Benar, Lowongan Pekerjaan Mencatut Pertamina

tirto.id – Sejumlah unggahan di media sosial mengenai lowongan pekerjaan dari PT Pertamina (Persero) beredar di antara akhir Juli 2024 hingga awal Agustus 2024. Informasi mengenai lowongan pekerjaan selalu menarik perhatian orang banyak, namun sayangnya beberapa di antaranya adalah disinformasi.

Tirto menemukan sejumlah akun Facebook yang menyebarkan informasi lowongan pekerjaan di Pertamina. Model unggahannya beragam, namun umumnya berisikan posisi yang dibuka, persyaratan, serta tautan menuju halaman lain.

“Lowongan kerja BUMN PT PERTAMINA ( PERSERO).

-Semua posisi

-lulusan SMA/SMK/D3/S1

-Penempatan sesuai site atau lokasi kerja PT PERTAMINA.

Silahkan cek posisi yang di butuhkan dan daftar: https://jobindonesia-news.0n-live.my.id

Note : BUMN tidak pernah kenakan pembayaran ke pelamar (Gratis),” begitu bunyi unggahan akun “Mining Recruitment” pada 1 Agustus 2024 lalu (arsip).

Di bagian akhir unggahan tersebut terdapat sebuah gambar, dengan tautan ke situs lain. Sampai dengan Rabu (7/8/2024) unggahan tersebut mengumpulkan 336 tanda suka, 41 komentar, dan 22 kali dibagikan ulang.

Tirto juga menemukan unggahan lain yang serupa dari akun berikut: “ApplyJob Indonesia” (arsip),”Loker BUMN” (arsip), “VIRAI” (arsip),”Oman Aditiya Tiara” (arsip),”Info Loker Indonesia” (arsip),”Lestari Tari” (arsip). Modus dari semua unggahan tersebut relatif sama, yakni mengarahkan ke situs lain yang lewat tautan yang mereka taruh dalam pesan.

Lalu bagaimana kebenarannya, benarkah informasi mengenai lowongan kerja dari PT Pertamina tersebut?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *