Hoaks Reaksi Netanyahu Bersiul setelah Ledakan Pager di Lebanon

tirto.id – Insiden ledakan penyeranta (pager) di Lebanon dan Suriah, pada Selasa (17/9/2024), ramai menjadi perbincangan. Pemerintah Lebanon dan Hizbullah mencurigai keterlibatan Israel terkait insiden yang dianggap serangan ini.

Berdasar laporan Reuters, ledakan serentak sejumlah perangkat pager yang digunakan ratusan anggota Hizbullah, menewaskan sedikitnya sembilan orang dan melukai ribuan orang. Korban luka akibat ledakan termasuk seorang anak perempuan dan pejuang Hizbullah, serta Duta Besar Iran di Beirut.

Mengutip Antara, terjadi insiden ledakan peralatan elektronik susulan pada Rabu (18/9/2024), satu hari setelah ledakan pager. Sejumlah alat elektronik seperti walkie-talkie dan panel surya meledak di berbagai wilayah di Lebanon.

Insiden terakhir menimbulkan jumlah korban jiwa mencapai 20 orang dan 450 orang lain luka-luka. Dugaan keterlibatan Israel juga disebut dalam kejadian ini.

Di media sosial, kejadian ini juga ramai mendapat perhatian masyarakat. Sejumlah unggahan bahkan menambahkan “bumbu” dengan menyertakan sebuah video yang disebut sebagai reaksi Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu.

Netanyahu terlihat bersiul dalam video tersebut.Narasi yang menyertai video mengatakan ini adalah reaksi sang perdana menteri, setelah serangan ledakan pager di Lebanon.

“Perdana Menteri Netanyahu membuat pernyataan pertamanya terkait ledakan pager di Lebanon,” begitu tulis unggahan akun @eretzisraeltours (arsip) di Instagram pada 18 September 2024. Sampai dengan Kamis (!9/9/2024), unggahan ini telah mengumpulkan lebih dari 650 tanda suka.

Di platform lain, Di Facebook, akun “IDF Girls” (arsip) mengunggah video yang sama dengan narasi serupa yang menyebut siulan Netanyahu dalam video adalah reaksi setelah serangan pager. Unggahan tersebut cukup ramai mendapat perhatian dengan 126 tanda suka (likes), 29 komentar, dan 58 kali dibagikan ulang.

Kami juga menemukan unggahan serupa mendapat banyak perhatian di X (dulu Twitter) dari unggahan akun @ME_Observer_ (arsip). Akun tersebut mengatakan video tersebut adalah bukti kesadisan Netanyahu dan rakyat Israel secara umum.

Lalu, bagaimana faktanya? Apakah benar video Netanyahu bersiul adalah reaksinya setelah insiden ledakan pager di Lebanon?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *