Hoaks Menlu AS Sebut Kominfo Bodoh Imbas Serangan Hacker

tirto.id – Terhitung sejak 20 Juni 2024 lalu, Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) yang dikelola Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengalami gangguan karena serangan siber ransomware anyar bernama LockBit 3.0. Imbas insiden itu, dikabarkan sebanyak 282 instansi pemerintah lumpuh, dengan data-data penting seperti NIK (Nomor Induk Kependudukan) hingga data kesehatan terkunci dan tidak dapat diakses.

Terkait serangan ini, Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Hinsa Siburian, mengatakan permasalahan utama serangan server PDNS karena tata kelola pengelolaan data yang tidak di-backup (rekam cadang) dengan baik. Ia menyebut, hanya 2 persen data di PDNS yang di-backup oleh Kemenkominfo ketika terserang ransomwares.

Di tengah ramai perbincangan soal isu ini, beredar sebuah narasi di media sosial yang mengeklaim bahwa Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (Menlu AS), Antony J. Blinken, menyebut Kominfo bodoh karena PDNS milik pemerintah Indonesia terkena serangan hacker. Lebih lanjut, narasi tersebut juga menyebut serangan tersebut terjadi karena Kominfo selama ini terlalu sibuk mengurusi masalah Palestina.

Narasi tersebut disebarkan oleh salah satu akun X bernama @xquitavee pada Kamis (4/7/2024). Akun tersebut menyertakan tangkapan layar artikel berita dengan tampilan laman milik Liputan6 berjudul “Menteri Amerika klaim: Kominfo Indonesia sangat bodoh, Database negaranya dihacker tidak tau, karena sibuk ngurus Palestina”.

“Kali ini gue setuju,” tulis keterangan unggahan akun tersebut pada Kamis (4/7/2024).

Terdapat foto Menlu AS Blinken dalam thumbnail berita tersebut. Ada juga keterangan bahwa artikel berita itu diunggah pada Selasa (2/7/2024) pada pukul 07:34 WIB disertai tautan bertuliskan https:www.liputan6.id.

Sepanjang Kamis (4/7/2024) hingga Senin (8/7/2024), atau selama empat hari tersebar di X, unggahan ini telah memperoleh 11 ribu tanda suka, 1.286 posting ulang dan 517 kutipan balasan. Menariknya, sejumlah pengguna X nampak meragukan kebenaran unggahan tersebut dan menyebut artikel Liputan6 yang disertakan dalam unggahan merupakan hasil suntingan.

Terpantau bahwa narasi serupa disebarkan oleh akun X lain bernama @_memoryusang (arsip).

Lantas, bagaimana kebenaran informasi tersebut?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *