Hoaks Lowongan Kerja CPNS Khusus IKN 2024

tirto.id – Baru-baru ini, muncul unggahan di media sosial Facebook berisi penawaran lowongan pekerjaan untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Ibu Kota Nusantara (IKN). Unggahan tersebut menawarkan pekerjaan di sejumlah posisi dengan persyaratan latar pendidikan mulai dari lulusan SMA. Ada pula beberapa benefit yang ditawarkan.

“Apakah kamu siap untuk jadi bagian dari transformasi besar-besaran di Ibu Kota Negara yang baru. Kamu lulusan SMA, D3, S1, atau bahkan S2, Jangan Iewatkan kesempatan emas ini.

Pemerintah baru saja membuka formasi lengkap CPNS IKN 2024. Ada banyak posisi menarik yang menawarkan gaji besar, asuransi lengkap, dan kesempatan berkembang yang menggiurkan. Siap-siap buat masa depan cerahmu,” begitu bunyi unggahan akun “INFO LOWONGAN KERJA CPNS IKN 2024” (arsip) pada 1 September 2024.

Akun itu menyebut beberapa posisi lowongan seperti pemadam kebakaran pemula, pamong praja pemula, teknisi perkebunan raya pemula, analis kebijakan ahli, pengendali ekosistem hutan, dan sebagainya. Di bagian akhir unggahan, terdapat gambar poster IKN dengan informasi soal lowongan pekerjaan.

Sampai dengan Rabu (18/9/2024), unggahan tersebut sudah mengumpulkan lebih dari 4,2 ribu tanda suka, hampir 500 komentar, dan dibagikan ulang setidaknya 366 kali. Melihat kolom komentar, banyak juga pertanyaan-pertanyaan soal kualifikasi dan syarat yang mengindikasikan beberapa orang percaya dengan narasi tersebut.

Kami menemukan beberapa unggahan serupa lewat unggahan akun “INFO LOKER CPNS IKN 2024” (arsip) berikut. Terdapat juga narasi yang diikuti tautan ke situs lain dalam unggahan tersebut.

Pertanyaannya, benarkah informasi tersebut? Apakah ada lowongan khusus CPNS untuk penempatan di IKN pada tahun 2024?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *