Hoaks, Pasukan Berani Mati Pembela Jokowi Ditangkap Polisi

tirto.id – Baru-baru ini, di media sosial, beredar sebuah unggahan bahwa ada pasukan berani mati pembela Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersenjata celurit, yang ditangkap polisi. Unggahan ini menyertakan tangkapan layar artikel, yang diklaim berasal dari sebuah kantor berita.

Narasi tersebut disebarkan oleh sejumlah akun di Facebook, di antaranya “Ardhi Ardhaz” dan “Putry Medsos” pada Minggu (22/9/2024) yang menampilkan tangkapan layar artikel berita milik situs bernama kabaraktual.id berjudul “Pasukan Berani Mati Pembela Jokowi Bersenjata Celurit Ditangkap?”.

Sementara itu, narasi serupa yang diunggah oleh akun “Bambang Eko Pitojo” pada Senin (23/9/2024) juga menampilkan tangkapan layar artikel berita milik situs bernama democrazy.id berjudul “Alamak! Pasukan Berani Mati Bela Jokowi Bersenjata ‘Celurit’ Ditangkap”.

Thumbnail pada kedua situs tersebut menampilkan gambar yang sama, yaitu foto sejumlah orang berjalan jongkok sambil diawasi oleh beberapa orang berseragam Polisi. Nampak juga ada sejumlah senjata tajam seperti celurit yang dipegang oleh beberapa orang dalam foto tersebut.

“Ngakak njir 😂😂😂 Pasukan berani mati bela jokowi bersenjata celurit di tangkap…🙃🤪🤫😁” tulis salah satu akun di takarir unggahan.

Sepanjang Minggu (22/9/2024) hingga Jumat (4/10/2024), atau selama 12 hari tersebar di Facebook, salah satu unggahan itu telah memperoleh 36 tanda suka, 9 komentar dan telah 2 kali dibagikan.

Lantas, benarkah klaim yang menyebut bahwa ada pasukan berani mati pembela Presiden Jokowi bersenjata celurit ditangkap polisi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *