[KLARIFIKASI] Salah Konteks, Video Prabowo Sebut Rocky Gerung Masuk di Kabinetnya

KOMPAS.com – Beredar video dengan narasi yang menyatakan presiden terpilih Prabowo Subianto mengatakan bahwa pengamat politik, Rocky Gerung akan menjadi menteri di kabinetnya.

Video itu memang memperlihatkan Prabowo yang menyebut nama Rocky Gerung, kemudian Rocky pun tampil ke atas panggung.

Namun, setelah ditelusuri video tersebut salah konteks.

Video Prabowo mengatakan Rocky Gerung akan menjadi menteri di kabinetnya muncul di media sosial, salah satunya dibagikan oleh akun Facebook ini dan TikTok ini.

Dalam video itu, Prabowo menyebut sejumlah nama, salah satunya Rocky Gerung.

Rocky kemudian naik ke panggung dan bersalaman dengan Prabowo di hadapan sejumlah orang.

Video diberi keterangan teks sebagai berikut:

Rocky Gerung jd menteri… Habis lh kau d babatnya.. 

Tim Cek Fakta Kompas.com menggunakan teknik reverse image search untuk menelusuri video tersebut.

Hasilnya, video identik dengan unggahan kanal YouTube CNN Indonesia pada 13 April 2019, yang berjudul “Prabowo Kenalkan ‘Calon Menteri’, Siapa Saja?”.

Dalam video, Prabowo yang saat itu menjadi calon presiden (capres) mengenalkan sejumlah orang yang akan membantunya di pemerintahan jika menang Pemilihan Presiden 2019.

Salah satu nama yang disebut memang Rocky Gerung.

Hal itu disampaikan Prabowo dalam pidato kebangsaan di Dyandra Convention Center, Surabaya, Jawa Timur, pada 12 April 2019. Akan tetapi, pada Pilpres 2019 Prabowo yang berpasangan dengan Sandiaga Uno kalah dari Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Sementara, setelah menang Pilpres 2024, Prabowo belum mengumumkan secara resmi nama-nama yang akan menjadi menteri di kabinetnya.

Diberitakan Kompas.com sebelumnya, Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, Prabowo menargetkan penyusunan kabinet rampung pada 15 Oktober 2024.

Target penyusunan itu lima hari sebelum Prabowo dilantik menjadi presiden.

Menurut Dasco, penyusunan kabinet Prabowo agak lama karena ada dinamika terkait nama-nama yang masuk dalam susunan kabinet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *