Hoaks Foto Budi Arie Bersujud di Depan Jokowi

tirto.id – Beredar di media sosial, narasi yang mengeklaim bahwa Menteri Koperasi di Kabinet Merah Putih, yang juga Ketua Umum Relawan Pro-Jokowi (Projo), Budi Arie Setiadi, bersujud di depan Presiden ke-7 Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi).

Narasi tersebut disebarkan dalam bentuk foto yang memperlihatkan seorang pria yang mengenakan kemeja putih dan celana panjang hitam nampak sedang bersujud di hadapan Jokowi. Sosok pria tersebut diklaim adalah Budi Arie.

Narasi tersebut disebarkan oleh sejumlah akun Facebook, di antaranya “Ahmad Raffi”,“Djodjo Subagdja”,“Ipe Ermas”,“Nemen Prihatine”, “Nakalupa Ncai”,“Consky Alexander”, “Wijiyatijaya Wijiyatijaya”, dan “Wiwi Wowo” dalam periode Sabtu (12/10/2024) hingga Minggu (13/10/2024).

“*Budi Arie nyembah Raja Jawa. Baru kali ini terjadi, ada menteri nyembah presiden. Bukan hoax dan bukan editan. Clear.* Kok ada manusia sehina itu ya? Manusia menyembah manusia …

Dulu pak Noe’man alm, Arsitek masjid Salman, disuruh hormat ke arah Jepang dengan gaya Jepang saja ndak mau, padahal ketika itu Jepang sedang menjajah Indonesia tetapi pak Noe’man gak takut. Beliau gak takut karena aqidah/tauhidnya benar. Hanya ber-Tuhan Allah SWT ☝️

Bagaimana pendapat Anda dengan perilaku ini? 😅 _*Menjilat² Saja Sudah Cukup, Tetapi TIDAK Perlu Serendah itu JUGA laaaa ☺️*_*) Budi Ari Setiadi saat ini adalah sbg Menteri pada Kementerian Komunikasi Informasi & Ketua RelawanProJokoWidodo(ProJo),”begitu bunyi keterangan takarir pada salah satu akun tersebut.

Sebagai informasi, Budi Arie sebelumnya menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) di Kabinet Indonesia Maju.

Sepanjang Minggu (13/10/2024) hingga Rabu (23/10/2024) atau selama 10 hari tersebar di Facebook, unggahan ini telah memperoleh 16 tanda suka, 7 komentar, dan telah 1 kali dibagikan ulang

Lantas, bagaimana kebenaran narasi yang menyebut Budi Arie bersujud di depan Jokowi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *