4 Gejala Awal Dehidrasi

Dehidrasi adalah sebuah kondisi dimana tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang mereka terima. Dengan penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa air memiliki peranan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, sehingga memenuhi kebutuhan harian cairan tubuh menjadi penting agar terhindar dari dehidrasi.

 

Kondisi dehidrasi apabila dibiarkan dalam jangka waktu tertentu, akan menyebabkan berbagai penyakit penyerta dehidrasi yang berbahaya bagi tubuh, seperti memicu munculnya batu ginjal, kerusakan otot, hingga mempengaruhi fungsi ginjal.

 

Gejala Awal Dehidrasi

 

Pada praktiknya, sema umur memiliki potensi untuk mengalami dehidrasi, mulai dari bayi hingga orang tua, tentunya dengan gejala yang berbeda tergantung dengan tingkat keparahannya. Dengan demikian itu penting bagi kita untuk mengetahui gejala umum tubuh mengalami dehidrasi, diantaranya adalah:

 

1. Sakit kepala

2. Terasa kering di beberapa bagian tubuh, seperti mulut, bibir, dan mata

3. Jarang buang air kecil

4. Kelelahan dan kurang energi.

 

Keempat gejala dehidrasi diatas, diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan pada seseorang terhadap dehidrasi, sehingga mau untuk mencukupi kebutuhan air dalam tubuh dengan minum air putih.

 

Tetap terapkan perilaku hidup bersih dan sehat, dan bersegera melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan apabila mengalami penyakit penyerta dehidrasi, agar bisa segera mendapatkan penanganan sedini mungkin.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *