Mengenal Gejala Kanker Paru

Kanker paru merupakan salah satu penyakit yang mungkin sudah banyak diketahui oleh masyarakat. Biasanya kanker paru akan sangat mudah terjadi kepada seseorang yang sering terpapar dengan asap rokok, baik perokok aktif maupun perokok pasif. Selain itu juga mudah menyerang masyarakat yang bekerja dengan asbes, arsen, kromat, nikel, klorometil eter, gas mustard dan paparan oven arang.

 

Menurut pengertiannya, kanker paru adalah pertumbuhan sel kanker yang tidak terkendali dalam jaringan paru yang dapat disebabkan oleh sejumlah karsinogen lingkungan, terutama asap rokok. Melihat urgensi tersebut, penting bagi kita untuk beresegera untuk melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan sesaat setelah merasakan gejala kanker paru.

 

Gejala-Gejala pada Kanker Paru.

 

Pada tahap awal, kanker paru-paru tidak menyebabkan gejala apapun. Namun mencapai tahap tertentu, gejala paru-paru akan muncul dengan gejala berikut:

 

1. Sakit kepala

2. Berat tubuh menurun

3. Kehilangan selera makan

4. Suara menjadi serak

5. Perubahan pada bentuk jari, yaitu ujung jari menjadi cembung

6. Pembengkakan pada muka atau leher

7. Batuk berkelanjutan dan bertambah parah, hingga akhirnya mengalami batuk darah.

8. Mengalami sesak napas dan rasa nyeri di dada.

 

Dengan mengetahui dan memahami gejala diatas, diharapkan dapat segera melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdeekat, hal ini dilakukan agar pasien bisa mendapatkan penanganan sedini mungkin dari petugas kesehatan, sehingga gejala kanker paru tidak bertambah lebih parah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *