5 Tanda Kamu Mengalami Gangguan Pendengaran

Gaya hidup selama pandemi membuat banyak orang menggunakan headphone ataupun earbud selama berjam-jam untuk rapat online, video call maupun menonton film. Penggunaan headphone atau earbud yang terlalu sering dapat meningkatkan risiko gangguan pendengaran.

 

Penyakit gangguan pendengaran merupakan salah satu penyakit yang dapat mengganggu aktivitas harian kita. Melakukan pemeriksaan sedini mungkin merupakan langkah bijak agar bisa segera mendapatkan penanganan dari petugas kesehatan.

 

Menurut pengertiannya, gangguan pendengaran adalah sebuah kondisi dimana terdapat gangguan pada proses mendengar seseorang baik di telinga luar, tengah maupun dalam untuk sampai ke otak.

 

Tanda Gangguan Pendengaran.

 

Beberapa penderita gangguan telinga tidak menyadari secara penuh bahwa dirinya mengalami gangguan pendengaran. Untuk itu, berikut ini adalah tanda anda mungkin mengalami gangguan pendengaran, diantaranya adalah:

 

1. Sering menyalakan radio, televisi hingga musik dengan suara yang tinggi

2. Sering meminta lawan bicara kita untuk mengulangi pembicaraan yang sedang berlangsung

3. Telinga berbunyi atau berdengung (tinnitus)

4. Seseorang memberitahu kita bahwa kita berbicara dengan keras tanpa kita sadari

5. Sulit untuk mengikuti pembicaraan yang tengah berlangsung.

 

Jangan lupa isirahatkan telinga setiap satu jam selama 10-15 menit, jika tuntutan pekerjaan menggunakan headphone/earphone.  Atau gunakan secara secara bergantian pada telinga kanan saja, atau kiri saja. Lebih aman menggunakan headphone dari pada earphone. 

 

Jika mengalami tanda anda mengalami gangguan pendengaran diatas, masyarakat dapat melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat untuk memastikan gejala yang timbul tersebut, agar bisa mendapatkan penanganan sedini mungkin.

 

Penanganan gangguan pendengaran sedini mungkin akan memberikan manfaat yang besar bagi penderita gangguan pendengaran. Masyarakat dapat kembali melakukan aktivitas harian dengan lancar dan menghindarkan dari berbagai potensi yang tidak diinginkan saat berada di luar ruangan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *