6 Strategi Gaya Hidup untuk Menghindari Kanker

Perayaan Hari Kanker Sedunia yang diselenggarakan pada 04 Februari 2023 yang lalu, menjadi momen pengingat bagi kita semua bahwa kanker masih menjadi salah satu Penyakit Tidak Menular (PTM) yang paling berkontribusi dalam menyumbang angka kematian masyarakat Indonesia.

Saat ini diketahui bahwa kasus kanker baru di Indonesia berdasarkan data Globocan 2020 sebanyak 396.914 kasus baru yang didominasi oleh kanker payudara, kanker leher rahim, kanker paru, kanker kolorektal, dan kanker lever. Dengan demikian, penting bagi kita untuk selalu menerapkan perilaku hidup sehat untuk meminimalisir potensi terserang penyakit kanker.

Tips Mencegah Kanker

Berikut ini adalah beberapa strategi gaya hidup yang bisa dilakukan oleh masyarakat untuk mencegah kanker, diantaranya adalah:

Menjaga berat badan agar tetap sehat dan ideal

Aktif melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit sehari, agar tubuh tetap bugar.

Lakukan pemeriksaan berkala ke fasilitas kesehatan terdekat.

Kurangi konsumsi sodium/garam

Kurangi konsumsi makanan/minuman manis

Hindari makanan yang diasap atau dibakar.

Kanker menjadi salah satu masalah kesehatan yang mengancam nyawa penderitanya. Namun demikian, dengan mengetahui beberapa tips mencegah kanker di atas, dapat menurunkan potensi risiko masyarakat dari penyakit kanker.

Tetap terapkan perilaku hidup bersih dan sehat, serta segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat ketika mengalami gejala penyakit kanker untuk mendapatkan penanganan segera dari petugas kesehatan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *