Ayo Bersama Jadikan Indonesia Kembali Bebas Polio

Setelah delapan tahun lamanya Indonesia bebas polio, di beberapa wilayah kembali ditemukan kasus Polio. Ayah Bunda, Poliomyelitis (polio) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus polio. Virus ini menyerang sistem saraf dan dapat menyebabkan kelumpuhan bahkan kematian.

Virus polio termasuk golongan human enterovitus yang bereplikasi di usus dan dikeluarkan melalui tinja. Virus polio masuk ke dalam tubuh melalui mulut, bersumber dari air atau makanan yang telah terkontaminasi dengan kotoran/tinja dari orang yang terinfeksi virus polio. 

Polio masih belum memiliki pengobatan hingga saat ini. Namun ayah dan bunda tidak perlu khawatir, karena Polio dapat dicegah dengan mengikuti vaksinasi polio. Untuk mencegah polio imunisasi yang diberikan adalah:

Vaksin polio tetes (OPV) diberikan 4x, di usia 1, 2, 3, 4 bulan

Vaksin polio suntik (IPV) diberikan 2x di usia 4 dan 9 bulan

Bila anak Ayah/Bunda belum mendapat imunisasi, maka segera datang ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan imunisasi. Lebih baik terlambat daripada tidak lengkap. Imunisasi polio lengkap dapat diberikan hingga usia 5 tahun.

Yuk Ayah Bunda, khususnya di Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jawa Barat ajak anggota keluarga kita untuk mendapatkan vaksinasi saat Sub Pin Polio kali ini di fasilitas pelayanan kesehatan terdekat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *