Tips Menjaga Berat Badan Ideal Selama Ramadhan

Momen lebaran Idul Fitri, merupakan momen yang sangat ditunggu oleh kaum muslimin. Hal ini dikarenakan momen berkumpul bersama keluarga sekaligus menikmati menu khas lebaran tidak dapat dilakukan setiap waktu.

 

Namun, perlu diingat bahwa tradisi makanan lezat yang sering dikonsumsi selama perayaan ini, bisa berdampak pada kesehatan kita jika tidak diatur dengan baik, sehingga kita sangat perlu untuk memperhatikan porsi dengan baik agar terhindar dari kegemukan atau obesitas saat lebaran.

 

Tips Sehat saat Lebaran.

 

Berikut ini adalah beberapa tips mencegah obesitas selama lebaran yang dapat menjadi acuan oleh masyarakat saat santap menu lebaran, diantaranya adalah:

 

1. Mengatur porsi makan yang cukup, sehingga asupan makanan yang masuk tidak melebihi dari energi yang kita keluarkan.

2. Mengurangi konsumsi makanan atau minuman yang manis dan perbanyak air putih agar kadar gula dalam tubuh tidak berlebih.

3. Mengkonsumsi cukup sayur dan buah agar kebutuhan serat yang membantu melancarkan sistem pencernaan dapat terpenuhi.

 

Tetap jaga kesehatan selama lebaran agar proses ibadah ied dan silaturahim dapat berjalan dengan lancar dan bebas dari paparan penyakit.

 

Tidak lupa untuk terapkan perilaku hidup bersih dan sehat dengan mencukupi kebutuhan tidur selama malam takbiran serta tidak lupa untuk mencuci tangan sebelum makan dan setelah berjabat tangan dengan kerabat.

 

Segera lakukan pemeriksaan kesehatan ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat apabila mengalami gejala penyakit selama lebaran, agar bisa mendapatkan penanganan secara cepat dan tepat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *