Cegah Obesitas Pasca Ramadhan

Momen ramadhan telah berlalu, sehingga beberapa orang kembali mengkonsumsi makanan dalam jumlah porsi yang besar dan menyebabkan peningkatan berat badan serta berisiko untuk mengalami obesitas.

 

Hal ini perlu diperhatikan, mengingat obesitas bisa berisiko mengantarkan penderita menuju berbagai penyakit tidak menular (PTM) lainnya yang lebih berbahaya seperti darah tinggi dan diabetes melitus.

 

Untuk itu, kita perlu menerapkan perilaku hidup sehat dan beberapa langkah pencegahan lainnya agar kita terhindar dari obesitas atau berat badan berlebih.

 

Tips menghindari Obesitas.

 

Berikut ini adalah beberapa tips mencegah obesitas yang perlu dilakukan oleh masyarakat pasca ramadhan agar berat badan tetap ideal dan hidup lebih sehat, diantaranya adalah:

 

1. Mengatur pola makan agar jadwal makan bisa berjalan dengan tepat.

2. Memakan makanan yang sehat dan bergizi

3. Mengurangi konsumsi gula, garam dan lemak, serta memperbanyak konsumsi makan buah dan sayur minimal 5 porsi perhari atau setara dengan 450gr/hari

4. Berusaha untuk tidak mengkonsumsi rokok dan alkohol

5. Rutin melakukan aktivitas fisik atau latihan fisik

6. Melakukan konsultasi atau pemeriksaan ke dokter terdekat apabila Indeks Massa Tubuh (IMT) sudah melebihi 25.

 

Berat badan yang ideal merupakan keinginan semua orang. Berat badan ideal dapat membuat kita beraktivitas dengan bebas dan terhindar dari berbagai penyakit yang berbahaya.

 

Dengan demikian, tetap menjaga perilaku hidup bersih dan sehat, serta segera melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat apabila membutuhkan bantuan ahli dalam berkonsultasi mengenai penurunan berat badan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *