Benar, Video Surat Suara Pemilu 2024 yang Dicoblos Secara Ilegal di Malaysia

Tempo menemukan video yang sama dari sejumlah berita, dari penelusuran menggunakan kata kunci dan mesin pencari Google. Berita menjelaskan adanya dugaan kecurangan pemilu sebagaimana diperlihatkan video yang beredar.
Berikut hasil penelusurannya:
Verifikasi Video

Video yang beredar memperlihatkan beberapa orang mencoblos surat suara Pemilu 2024, untuk pemilihan capres-cawapres dan calon legislatif. Video yang sama ditemukan dalam berita CNN Indonesia, yang diunggah tanggal 8 Februari 2024, terkait dugaan kecurangan Pemilu 2024.

Berita itu menjelaskan bahwa Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, mengaku menemukan video dugaan kecurangan pemilu tersebut yang terjadi di Malaysia.
Diduga orang-orang yang tidak bertanggung jawab telah mencoblos pasangan capres-cawapres Ganjar-Mahfud dan calon legislatif tertentu, agar menang di Malaysia. Bawaslu RI pun menyatakan Pengawas Pemilu (Panwaslu) di Kuala Lumpur, Malaysia, tengah berusaha memeriksa dugaan pelanggaran tersebut.
Dilansir Tempo, TKN telah melaporkan temuan tersebut pada Bawaslu pada tanggal 6 Februari 2024. Mereka menduga kasus itu melibatkan panitia pemilihan luar negeri (PPLN) dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Malaysia. Mereka juga membentuk tim pencari fakta atas dugaan kecurangan tersebut.
KPU juga telah menanggapi mencuatnya dugaan kasus tersebut, dengan menerjunkan tim investigasi ke Malaysia. Demikian juga Bawaslu yang tengah menelusuri dugaan itu melalui Panwaslu KL (Kuala Lumpur), sebagaimana dilaporkan Tempo.
“Belum dipastikan itu. Kami baru turunkan tim untuk investigasi,” kata Sekretaris Jenderal Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bernad Dermawan Sutrisno, di kantor KPU, Jakarta Pusat, Rabu, 7 Januari 2024.
Ganjar menanggapi kondisi tersebut dengan meminta Bawaslu mengusut dugaan kecurangan itu. Diberitakan Tempo, Ganjar juga membantah bahwa pihaknya yang melakukan kecurangan sebagaimana ditampilkan dalam video tersebut.
Cara Pemungutan Suara di Luar Negeri
Website Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Johor Baru, Malaysia, menjelaskan ada tiga cara warga negara Indonesia (WNI) memilih dalam Pemilu 2024. Pertama, mereka bisa memilih dengan datang di Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPS LN).
Cara kedua, dengan memilih di Kotak Suara Keliling (KSK) yang dibawa PPLN, untuk WNI yang lokasinya terjangkau. Cara ketiga, dengan pengiriman surat suara ke pemilih dan dicoblos, lalu dikirim kembali ke PPLN melalui Pos. Ini bagi WNI yang lokasinya tak terjangkau KSK.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *