Keliru, Foto Amplop Berisi Uang dan Gambar Paslon Nomor Urut 01 Anies-Muhaimin

Tim Cek Fakta Tempo memverifikasi klaim di atas dengan bantuan Google Lens. Ditemukan bahwa foto uang dalam amplop pernah diunggah oleh akun media sosial Instagram Weru.shter ini pada 28 November 2023. 
Unggahan disertai narasi yang mengatakan, fitnah-fitnah di sosial media yang menyerang SH Terate selepas acara temu kadang dan deklarasi pemilu damai 26 November 2023. Banyak kelompok yang ingin menjatuhkan marwah SH Terate, namun SH Terate tidak akan tumbang oleh golongan apapun.

Dua foto tersebut identik berdasarkan jumlah uang seratus ribuan, bentuk amplop dan warna lantai. Namun dalam unggahan aslinya tidak ada gambar Anies dan Muhaimin pada amplop. Yang ada hanya gambar stempel pada amplop. Foto tersebut merupakan hasil tangkapan layar milik akun Andi Terjal.
Hasil penelusuran Tempo, tidak ditemukan Akun Instagram Andi Terjal. Namun bila mengidentifikasi berdasarkan foto profil yang digunakan Andi Terjal, tercantum nama akun PSHT Paleka yang memiliki 0 post, 0 follower dan 0 following https://www.instagram.com/pshtpaleka/.
PSHT adalah singkatan dari Persaudaraan Setia Hati Terate.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *