[HOAKS] Prabowo Mengakui Kecurangan Pemilu 2024

KOMPAS.com – Beredar klaim bahwa calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, mengakui ada kecurangan pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Narasi itu disertai video Prabowo memberikan pernyataan soal kecurangan yang masif dan tersistematis dalam pemilihan presiden (pilpres).

Video tersebut diunggah setelah tahap pemungutan suara Pemilu 2024, pada Rabu (14/2/2024).

Berdasarkan penelurusan Tim Cek Fakta, video Prabowo disebarkan dengan konteks keliru.

Video Prabowo bicara tentang kecurangan pilpres dibagikan oleh akun Facebook ini (arsip), ini (arsip), dan ini (arsip).

Akun-akun tersebut menuliskan narasi sebagai berikut:

Akhirnyaaaa….Prabowo Mengakui Kecurangan Pemilu 2024 dan dia pun sadar bahwa dirinya tak lama lagi hidup untuk apa jabatan katanya.

Dalam video, Prabowo mengatakan demikian:

Dalam pemilihan presiden yang baru lalu ternyata kita temukan kecurangan-kecurangan yang terlalu banyak, kecurangan-kecurangan yang terlalu masif, yang terlalu sistematis. Kita juga mengalami bahwa penyelenggara pemilu tidak adil, memihak salah satu kontestan. Protes-protes kami, imbauan-imbauan kami sebagai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1 tidak pernah dihiraukan. Rekomendasi-rekomendasi Bawaslu di beberapa tempat tidak pernah diindahkan.

Saudara-saudara sekalian tim hukum kami dan tim data kami telah menemukan suatu indikasi kecurangan yang cukup besar. Karena itu dengan sangat sedih dan sangat menyesal kami mengatakan bahwa Pemilu ini sesungguhnya gagal. Bahwa Pemilu ini tidak sah. Bahwa Pemilu presiden ini adalah melanggar kaidah-kaidah demokrasi. Bahwa apabila kita merestui keputusan ini berarti kita merestui sebuah kecurangan, kita merestui sebuah kebohongan, kita merestui sebuah ketidakbenaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *