Benar, Video dengan Narasi Sejarah Keturunan Tionghoa Indonesia Berkoalisi dengan Pejuang Jawa Lawan VOC

Sebuah video beredar di WhatsApp yang berisi narasi bahwa dalam sejarah perjuangan kemerdekaan RI, keturunan Tionghoa Indonesia berkolaborasi dengan pasukan Jawa untuk memerangi Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) alias Perusahaan Hindia Timur Belanda. Video itu memperlihatkan seorang pria di ruangan dengan berbagai benda bernuansa Tionghoa, mempresentasikan peran keturunan Tionghoa dalam perjuangan kemerdekaan RI di masa lalu.

Pria itu mengatakan bahwa tentara Tionghoa dan tentara Jawa bergabung dalam memerangi VOC dalam perang Geger Pecinan yang berlangsung dari tahun 1740 sampai 1743. Dia juga menceritakan pembentukan Partai Tionghoa Indonesia (PTI) oleh Liem Koen Hian tahun 1932 yang memiliki agenda kemerdekaan RI. Dikatakan juga tempat Kongres Pemuda kedua yang menghasilkan Sumpah Pemuda, digelar di rumah keluarga keturunan Tionghoa bernama Sie Kong Lian.

Tempo menerima permintaan pembaca untuk memeriksa kebenaran narasi tersebut. Benarkah ada peran para keturunan Tionghoa pada sejarah RI yang disebutkan dalam video tersebut?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *