[HOAKS] Video Demo Terkait Kasus Pegi Setiawan di Cirebon pada 1 Juni

KOMPAS.com – Beredar konten yang memuat narasi soal unjuk rasa terkait kasus Pegi Setiawan di Cirebon, Jawa Barat, pada Sabtu (1/6/2024).

Pegi merupakan tersangka pembunuhan Vina dan Eki di Cirebon pada 2016. Ia ditangkap saat pulang dari tempat kerjanya sebagai buruh bangunan di Bandung, pada 21 Mei 2024.

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, narasi mengenai unjuk rasa terkait kasus Pegi tidak benar.

Sebagai konteks, penangkapan Pegi dinilai kontroversial karena rekan-rekannya mengungkapkan bahwa tersangka tidak ada di lokasi pembunuhan Vina dan Eki.

Jenazah Vina Dewi Arsita dan Muhammad Rizky Rudiana alias Eki ditemukan di Jalan Raya Talun, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, pada 27 Agustus 2016 malam.

Rekan kerja Pegi, Suharsono mengatakan, temannya itu berada di Bandung, Jawa Barat, saat terjadi pembunuhan Vina.

Suharsono merupakan rekan kerja sekaligus teman satu desa Pegi di Desa Kepongpongan, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Rekan Pegi lainnya bernama Sandi Ibnu Zalil menegaskan, temannya tidak terlibat dalam pembunuhan Vina.

Dia mengaku bersama Pegi, Robi Setiawan (adik Pegi), dan Suparman di Bandung saat kejadian. Mereka menginap di bedeng dekat rumah yang sedang mereka bangun.

Narasi mengenai demo terkait kasus Pegi Setiawan di Cirebon, pada Sabtu (1/6/2024), dibagikan oleh akun Facebook ini.

Berikut narasi yang dibagikan:

Guys ada yg tau jawabannya? Saya bertanya2 dalam hati, Gini lho logika nya,, kenapa semua media gak publis demo Pegi hari ini?? Di TV juga di larang, di aplikasi2 TT juga selalu di banned,, ada yg live langsung gagal siaran, pasti udh tau lah ya jawaban nya ada orang yang mengatur sengaja banget gak di publikasikan, gak apa2 kwanku ada yg lagi demo di cirebon sekarang,, aku sruh video dan rekam terus.. Semoga kasus Vina ini terpecahkan…Up trus…..Kawanku mau live di t1kt0k, smpai di banned juga,, gak bisa2….Makin salut sama sila pancasila, sila ke 5….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *